Yuk, Kenali Dulu Kekurangan dan Kelebihan Lantai Parket Agar Tidak Menyesal

Inilah kekurangan dan Kelebihan Parket yang Jarang Diketahui

Pernahkah Anda mendengar lantai parket atau parket flooring? Bagi Anda yang belum mengenalnya, di artikel ini akan kami kupas secara tuntas mengenai apa itu parket. parket adalah lantai yang terbuat dari material kayu, singkatnya jenis lantai kayu untuk interior rumah. Sebenarnya, elemen interior ini bukanlah barang baru di dunia properti, hanya saja pengaplikasiannya masih terbilang jarang.

Flooring kayu adalah jenis pelapis lantai yang mampu memberi kesan elegan dan mewah. Kualitas parket terbaik adalah parket solid yang terbuat dari 100% kayu asli, baik itu jenis kayu jati, merbau dan lainnya. Harga parket solid atau asli, jauh lebih mahal dan tentunya membutuhkan perawatan yang terbilang cukup ekstra.

Bagi yang tertarik untuk membelinya, berikut kami ulas apa saja keunggulannya:

1. Desain yang Mudah Divariasikan

Bahan utama lantai ini adalah kepingan-kepingan kayu yang nantinya disusun dan dipasang secara bersamaan. Pengaplikasiannya inilah yang membuat lantai ini memiliki nilai artistik yang tinggi. Keindahannya dapat kita lihat dari desain dekoratif dan geometris yang dihadirkannya.

 

2. Sangat Mudah Sekali Untuk Dibersihkan

Parket adalah jenis flooring yang minim perawatan. Jadi, sangat cocok sekali untuk Anda yang tidak ingin ribet merawat lantai rumah. Parket senantiasa terlihat rapi dan bersih. Lantai ini tidak memerlukan banyak perawatan yang merepotkan. Anda bisa membersihkannya haya dengan menggunakan sapu atau mengepelnya, terlebih jika Anda menggunakan lantai kayu jenis olahan.

 

3. Bahan Anti Alergi

Flooring kayu adalah  jenis lantai yang cocok untuk Anda yang memiliki masalah alergi. Parket adalah pelapis lantai non alergan. Kenapa demikian? Karena lantai kayu dapat menangkap alergan baik itu debu, hama dari hewan peliharaan, serbuk bunga dan lainnya dibandingkan dengan lantai jenis lainnya.

 

4. Harga Terjangkau

Kualitas lantai kayu asli, atau kayu solid memang tergolong mahal. Tapi untungnya saat ini ada teknologi canggih untuk pengolahan kayu parket. Dengan demikian, kita bisa menggunakan bahan yang berkualitas baik dengan harga yang lebih terjangkau.

Kekurangan Lantai Kayu

Meski memiliki cukup banyak kelebihan, ternyata ada beberapa kekurangan dari lantai kayu ini. Ingin tahu apa saja kekurangannya? Simak berikut ulasannya:

1. Memakan Waktu Lama Pada Saat Pemasangan

Jika dibandingkan jenis lantai keramik biasa, parket memiliki persiapan waktu yang cukup lama dalam pengaplikasiannya. Permukaan lantai pun harus solid atau benar-benar rata agar bisa menempel sempurna.

 

2. Lantai Kayu Licin

Khusus untuk pengguna jenis parket solid, atau laminate, biasanya lantai ini memiliki sifat yang licin. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sudah manula, sering-sering lah memerhatikan lantai agar selalu membersihkannya dari cipratan air agar tidak tergelincir.

 

3. Rentan Potensi Kerusakan

Lantai kayu memiliki cukup banyak potensi kerusakan, salah satunya seperti goresan. Baik itu lantai kayu olahan maupun solid, keduanya berpotensi tergores dengan benda tajam maupun tumpul.

 

4. Menimbulkan Suara

Umumnya, penggunaan lantai kayu ini kerap menimbulkan suara pada saat kita melangkah di atasnya. Berbeda dengan lantai keramik yang tidak menimbulkan bunyi sama sekali. Faktor inilah yang sering menyebabkan seseorang enggan untuk menggunakannya.

Demikian ulasan tentang kelebihan lantai parket lengkap dengan ulasan kekurangannya juga. Melalui penjelasan di atas, kini Anda bisa menentukan sendiri apakah Anda masih tertarik untuk menggunakannya atau mempertimbangkannya lagi. Terlepas dari kekurangannya, lantai kayu adalah pelapis lantai yang elegan dan mampu meningkatkan nilai artisitik pada interior rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *